Obral!

Buku A Short History of Blambangan

(1 ulasan pelanggan)

Rp90.000

Buku berjudul A SHORT HISTORY OF BLAMBANGAN, ini bukanlah buku baru dengan isi yang baru, bukan pula sebuah buku revisi. Buku ini adalah ringkasan dari dua buku yang pernah kami terbitkan sebelumnya; Suluh Blambangan dan Suluh Blambangan 2.

Kategori:

Deskripsi

  • Nama Buku: A Short History of Blambangan¬†(Edisi Ringkas Suluh Blambangan 1 dan 2)
  • ISBN: 978-602-53969-4-6
  • Penerbit: MHPublisher x Ajisangkala
  • Penulis : M. Hidayat Aji Ramawidi
  • Editor: Layyinatul Khoiriyah
  • Desain Sampul: Arya Hudaraja
  • Tata Isi: Nur Huda

Pertama, tentang tidak adanya konflik antara Kerajaan Blambangan dengan Kerajaan Majapahit. Hal ini karena Kerajaan Blambangan sendiri baru berdiri tahun 1478/1479 setelah Majapahit runtuh tahun 1478.

Lantas bagaimana dengan Kisah Damarwulan-Minakjinggo? Itu hanyalah dongeng yang digubah pada abad 19 dan mengambil alur dari peristiwa Paregrek antara Kedhaton Kulon (Trowulan, Mojokerto) dengan Kedhaton Wetan di Pamwatan (Porong, Sidoarjo). Jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan Kerajaan Blambangan.

J.L.A. Brandes, sejarawan Belanda merupakan oknum yang telah mempopulerkan tokoh fiksi Menak Jinggo yang dia samakan dengan Bhre Wirabhumi dan Bhre Wirabhumi dia sebut sebagai Raja Blambangan.

Kedua, tentang Palihan Nagari, yaitu pembelahan negara Majapahit tahun 1478 menjadi empat wilayah. Peristiwa ini tidak ada dalam Sejarah Populer, dan mungkin hanya ada dalam kisah tutur. Boleh pembaca percaya dan juga sebaliknya.

Informasi Tambahan

Berat 0,25 kg
Dimensi 20 × 14 × 2 cm
Color

Blue

1 ulasan untuk Buku A Short History of Blambangan

  1. Arya

    Mantap bukunya

Tambahkan ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *